Advertisement

loading...

Administrasi Sistem File dan User Acces pada linux


Linux merupakan salah satu sistem operasi yang sudah terkenal dan banyak yang menggunakannya apalagi Linux merupakan sistem operasi yang open source alias gratis ya gratis..

Tetapi bagi anda yang belum pernah mencoba atau baru mencoba linux pasti belum terlalu paham nah untuk itu kali ini saya akan bahas tentang administtasi user dan user access pada linux oke langsung aja 

Administrasi Sistem File 
  Sistem file pada linux mirip struktur pepohonan yaitu di mulai dari root , ditektori, dan subdirektori. Aistem file ini di atur secara hierarki dengan simbol "/" seperti pada gambar ini.
Sistem linux
Kita dapat menciptakan file dan direktori mulai dari root ke bawah. Direktori adalah file khusus yang berisi nama file dan inode. Direktori dapat berisi file maupun direktori lagi.

Administrasi user access
   Pada linux level administrasi tertinggi ada pada akun root administrator sistem melakukan beberapa operasi penting berkaitan dengan user access antara lain sebagai berikut.

1. Pendaftaran nama user
2. Penghapusan nama user
3. Pembuatan grup
4. Pembagian grup
5. Pengahpusan grup

  Dalam sistem operasi linux, nama user dapat di berikan pada user biasa, aplikasi, maupun layanan tujuannya adalah untuk memberikan identitas pada setiap entitas. Bagi user biasa nama user dapat di gunakan untuk memasuki sebuah shell yang di siapkan sistem melalui proses autentikasi pasword dan melakukan pekerjaan pekerjaan dalam sistem tersebut.

Linux menyediakan beberapa utilitas yang merupakan utilitas pengubah file file di atas antara lain sebagai berikut

1. Adduser
2. Useedel
3. Usermod
4. Groupadd
5. Groupdel
6. Groupmod
 Mungkin itu saja yang baru bisa saya sampaikan jika ada kesalahan menulis mohon maaf sampai jumpa di artikel lainnya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Administrasi Sistem File dan User Acces pada linux"

Post a Comment